Eden 1y7m (11 jan 15)

By Cicits - January 12, 2015

Alhamdulillah Edèn genap 19 bulan tanggal 11 januari 2015 ini. 1 tahun 7 bulan sudah.

Mari kita cek sedikit perkembangan Edèn, melalui indikator perkembangan anak usia 1-2 tahun mengikuti konsep pengembangan PAUD non formal, pusat kurikulun Diknas 2007.

■ BAHASA
A. Dapat memahami perkataan orang lain secara sederhana
: Melaksanakan beberapa perintah sederhana (Tolong buang sampah, taroh baju di keranjang, ambilkan remote, pilih bajumu dll.)
: Bereaksi terhadap larangan (Biasanya kalau dilarang wajahnya langsung merengut atau nangis.. kadang-kadang malah sengaja melakukan yang dilarang hehe)
: Meniru kata dan suara  (yes)

B. Dapat mengungkapkan keinginan dan pikirannya secara sederhana
: Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata (Eden sudah merangkai kalimat seperti, Bu-pake-kaos-kaki-dulu-ya?)
: Menggunakan kalimat tanya (Ibu lagi di dapur terus Eden nyamperin dan bilang "apa Bu?" Seolah-olah ibunya manggil padahal enggak hehe)
: menjawab kalimat tanya (yes)
: menyebutkan nama dirinya (Aden dulu.. punya Aden.. Aden mauu.. Aden ajaaa)
: Menyatakan miliknya (yes)

C. Menunjukan ketertarikan terhadap media/buku
: Membawa buku minta dibacakan (yes)
: Membuka dan membolak-balik buku (yes bahkan merobeknya hiks)
: Tertarik dengan isi buku (Yes, Edèn hampir hapal dengan isi buku ceritanya)
: Mencocokan gambar dengan media lain (yes gambar di buku ke benda nyata atau ke tv)
: Berpura-pura membaca (menunjuk gambar lalu pura2 menangis atau tertawa)

D. Mulai menggunakan alat tulis untuk membuat gambar
: Berpura-pura menulis (yes)
: Menunjukan hasil karya ke orang lain (Belum sepertinya, selama ini kalau menggambar selalu ditemani jadi ibunya selalu melihat hasil karyanya langsung)

■ MORAL & NILAI AGAMA
A. Dapat meniru perilaku keagamaan secara sederhana
: Mendengarkan lagu religi (Paling suka mendengarkan suara adzan, sholawat atau bacaan surat2 pendek dari ibunya)
: Menirukan senandung religi (ya, bisa mengikuti Surah Alfatihah dan sholawat, meski hanya ujung kata saja)
: Mengikuti bacaan doa sebelum dan sesudah aktivitas (Bisanya baru bismillah dan Aamiin saja)
: Meniru sebagian gerakan ibadah (ya, terutama sujud dan takhbiratul'ihram)
: Mendengarkan cerita keaagamaan (Buku 'Aku sayang Alloh' 'Aku suka sholat' dll.)
:Merespon cerita keagamaan (ya.. biasanya merespon dari gambar)
: Mendengarkan sebutan nama Tuhan ( Allohu'Akbar)
: Meniru sebutan nama Tuhan ( Bisa bilang YaAlloh)

B. Dapat mengekspresikan rasa sayang dan cinta kasih
: Mengekspresikan cinta kasih melalui belaian, rangkulan atau ciuman (Ya, membelai sayang terutama kalo habis memukul *baik sengaja atau tidak, sbagai bentuk permintaan maafnya. Memeluk sayang dan mencium )

■ SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
A. Dapat berinteraksi dengan keluarga dan oranglain yang dekat dengan anak
B. Dapat mengungkapkan suatu kebutuhan
C. Dapat mengenal diri sendiri
D. Mulai dapat menunjukan kemandirian
E. Mulai dapat mengekspresikan emosi secara wajar

■ KOGNITIF
A. Dapat mengamati dan menggunakan benda-benda di sekitarnya
B. Dapat bereksplorasi dengan benda di sekitarnya
C. Dapat merespon benda dan orang yang berada di sekitarnya

■ FISIK/MOTORIK
A. Dapat menggerakan anggota tubuh untuk melatih otot tangan
B. Dapat menggerakan anggota tubuh untuk melatih otot panggung
C. Dapat menggerakan anggota tubuh untuk melatih otot kaki
D. Menunjukan kesesuaian antara kesehatan dan perkembangan

■ SENI
A. Dapat menirukan suara
B. Dapat menirukan gerak

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Pra & Pasca IFT healing

Allah sangat menyayangiku, Ia selalu mengiyakan doa yang kuminta agar aku menjadi orang yang pandai bersyukur. Satu demi satu, Ia membantu m...