Fvb 2015

By Cicits - February 08, 2015

2015 ERIK & CITRA FAMILY GOAL
1. Healthy Living
2. Saving Living due to home investment
3. Online Business
4. Continous Learning

INDIVIDUAL GOAL
Ayah's :
1. Do sport regularly
2. Healthy Eat (Food combining)
3. Gain Ideal weight ( +/- 70kg)
4. Balancing Work hard and Rest-Relax

Ibu's :
1. Do sport reguraly
2. Healthy Eat (Food combining)
3. Gain ideal weight (+/- 53 kg)
4. Take care Home and Garden
5. Continous learning for self skill, Parenting, home management and online business.

Shaden's :
1. Toilet Training
2. Healthy Eat (Meat, Vegies and fruits)
3. Do indoor and outdoor activities for growth stimulate (HSPAUD)

FAMILY SOP
1. Morning (5-7am)
♥ Subuh Pray
♥ Take bath
♥ Do breakfast

2. DAY (9am - 3pm)
♥ Shaden take nap twice a day (morning and day nap)
♥ Clean house
♥ Preparing lunch
♥ Do indoor and outdoor activities for Shaden
♥ Djuhur Pray
♥ Gadget on hand when only Shaden taking nap

3. EVENING (3pm-7pm)
♥ Ashar & Maghrib Pray
♥ Clean house
♥ preparing dinner and eat before 7pm.
♥ Shaden outdoor playdate (w/ Nenek)
♥ take bath

4. NIGHT (8pm - 10pm)
♥ Shaden sleep time on 8pm the maks.
♥ Isya Pray and quality time with Ayah
♥ Browsing internet 2hour/Night the maks
♥ Face treatment (do double cleansing and apply mousterizer)

OTHERS
♥ Due to rest and relax :
- Visit Ayah's family in Bekasi twice in a month
- Take a good lunch out and visit good place to visit once in a month

♥ Due to continous learning  :
- Learning how to and Read Al-Quran on THURSDAY night (Via internet, books, ask to Ayah etc.)
- Make meal plan /weekly menu on FRIDAY night
- Make Kijar's weekly article on MONDAY night
- Analyze and review business on SUNDAY  night
- Read one book each week
- Visit library (perpusda) every WEDNESDAY

♥ Due to healthy Living :
- Eat food combining style
- Ibu : Doing sport twice a week (on weekday and weekend)
- Ayah : Sport reguraly (swim, run or futsal)

♥ Due to home and Garden care :
EVERYDAY
- Cooking
- Sweep the floor (indoor and outdoor)
- Make Bed
- Garbage take out
- Empty Dishwasher
- Buy vegies etc. (Ibu's job)

IN A WEEK
- Mop the floor indoor and outdoor (min. Twice)
- Clean bathroom once a week or tentative
- Clean and take care garden (front and backyard. min. Once)
- Buy fruits (Ayah's Job)

IN TWO WEEK
- Change bedcover
- Change towel
- Wash motorcycle and car (Ayah's job)

IN A MONTH
- Clean all shoes
- Clean out fridge
- Clean Mirror
- Clean Rain coat
- Groceries Shop (All homes needed)

IN 3 MONTH
- Bed Canopy Laundry
- Gordyn laundry
- Service M/C and Car (Ayah's job)

------------

Mikhaila Syauqia Shaden
Homeschooling Usia Dini, Periode 0-7 tahun.

★Tujuan utama HS PAUD :
A. Membangun pola hidup yang sehat
Pola hidup adalah proses budaya yang dijalani sejak dini. Ex. Istirahat yg berkualitas, makan yg bergizi, kegiatan fisik yang cukup, suasana spiritual keluarga adalah hal-hal yang tidak mengalir begitu saja, TAPI HARUS DI RANCANG.

B. Membangun keluarga bahagia
Ketika anak tumbuh, yang tertinggal dalam masa kecilnya adalah kesan dan kenangan yang membekas.

C. Membangun kebiasaan baik
Kebiasaan baik, sopan santun, sikap baik adalah proses panjang yang harus dimulai sejak dini. Pastikan prosesnya dilakukan melalui keteladanan Dan kebiasaan yang dijalankan secara konsisten

D. Membangun kemandirian.
Bisa berjalan, mengatakan apa yang dibutuhkan, buang air kecil/besar, mandi dan sikat gigi, minum makan dan berkegiatn

E. Membangun keterampilan sosial
Mampi Berinteraksi dengan orangtua dan lingkungan sekitar. Ortu harus belajar mengenai kepemimpinan yg hangat, penuh cinta sekaligus konsisten

F. Membangun keingintahuan dan pengetahuan
Kemampuan kognitif (pengetahuan) membaca, berhitung dan komunikasi

★Area pengembangan HS PAUD
A. Motorik halus dan kasar
B. Komunikasi & bahasa
E. Keingintahuan & logika
D. Emosional & sosial
E. Moral & spiritual
F. Seni & kreativitas

★Bahasan paud
Membangun logikan anak pra sekolah

Salah satu pondasi penting dalam proses belajar anak adalah membangun kemampuan logika. Diantara kemampuan logika adalah memahami masalah, mengumpulkan data, megelompokannya, membandingkan, mencari pola, serta mengambil kesimpulan dari data yang di kumpulkan

Matematika adalah salah satu bentuk pengajaran logika, termasuk juga bahasa. Bagaimana proses belajarnya?

A. Proses belajar mengikuti perkembangan anak. Setiap anak unik dan berbeda yg membawa konsekuensi setiap anak memiliki kecepatan yg berbeda dlam perkembangannya. Jgn menjadikan perkembangan anak lain sebagai acuan.

B. Berangkat dari keseharian.
Jangan mencari-cari yg ideal untuk memulai proses belajar, jgn menunggu ketersediaan alat atau mainan yg ideal

C. Dimulai dari benda nyata yang di kenal.
Matematika dan logika adalah sebuah konsep abstrak. Dibutuhkan kesiapan anak untuk mencerna konsep/gagasan dan hal2 yg abstrak

D. Belajar melalui percakapan dan permainan.
Misal bertanya jumlah kue, minta di ambilkan dua butir telur, hari ini hari apa dan ja berapa ya sekarang (siang atau malam)

E. Kegiatan dalam waktu pendek yang berulang.
Kegiatan logika dan matematika pada anak tidak berlangsung dalam jangka waktu lama. Sekitar 1-15 menit tapi berulang-ulang
Misalnya anak bertanya tentang jam, jelaskan sebentar, lalu pergi main dan besoknya menanyakan lagi hal yg sama kemudian di jelaskan lagi. Hal ini lebih efektif drpd memaksa anak mengetahui soal jam dengan duduk diam mendengarkan dan mengerjakan soal jam dari gurunya

F. Penggunaam alat tulis seiring perkembangan motorik halusnya.
Anak bisa mulai di perkenalkan dengan alat tulis yang lunak dan mudah digunakan seperti spidol. Dari coret2 tak berbentuk, menggambar dan mewarnai, anak kemudian dapat mulai belajar menarik garis dalam permainan matching, menelusuri titik (tracing) hingga akhirnya menulis angka,menggunakan penggaris dan menggambar bentuk2 geometri dengan lebih rapi

G. Permainan dan game digital.
Ajak anak bermain kartu dan tebak2an dan permainan yg nyata.
Gadget diberikan dengan kendali penuh oleh orangtua

★POKOK MATERI BELAJAR
beberapa materi logika dan matematika untuk anak preskul :

A. Memahami sebab akibat.
Contohnya menyalakan lampu, memutar keran, menekan remote, tombol on off pd mainan dsb.

B. Mengenal angka
Mengenalkan angka bisa melalui lagu, percakapan sehari2,cerita dll.
Anak hanya mengenal angka sebagai nama dari sebuah gambar (bentuk)  tetapi msh belum memahami hubungan makna angka dengan dunia nyata yg ada di sekitarnya

C. Membilang (counting)
Contohnya memasukan mainan anak ke dalam kotak sambil menghitung.. satuuu ..dua... tigaa..dst. juga bisa melalui pertanyaan brapa jumlah kue yg adek punya? Brp jumlah mainan adek? Kancing baju ayah ada brp?

D. Operasi matematika sederhana
Contohnya penjumlahan dan pengurangan.
Misal menghitung mainan setelah diberi hadiah mainan baru oleh kakek.
Misal minta ambilkan 3 mie lalu ambil 2 mie lg. Skarang mie nya jd berapa?Proses pengurangan misal : kue kakak ada 5.. di berikan je adek 1.. brp kue kk skrg?
Benda lainnya misal batu telor baju bantal dll.

E. Mengurutkan angka
Misal naik ke tangga maka angka semakin besar
Turun tangga angka semakin kecil

F. Mengenali pola yg berulang
Jadwal mandi, jadwal sholat, jam ayah berangkat kerja, hari ayah libur kerja (sabtu-minggu)

G. Mebandingkan dua kondisi
Contoh anak tahu bahwa gajah itu besar dan lawan besar itu kecil. Tapi ada yg lebih besar dr gajah yaitu pesawat.
Konsep pemahaman ini membutuhkan proses panjang sehingga ortu sebaiknya santai terhadap kesalahan anak. Contoh perbandinga adalah besar kecil, tinggi rendah, panjang pendek dan atas bawah

H. Pengelompokan
Misal mengelompokan baju ayah, baju ibu dll.

I. Mengenal bentuk geometris
Geometris dasar, dua dimensi(lingkaran, bujur sangkar,segitiga, persegi panjang) tiga dimensi (bola , tabung, piramid)

J. Mengenal waktu
Pengenalan waktu paling efektif jika di kaitkan dengan dunia anak misalnya jadwal mandi (pagi dan sore) jadwal bobo (siang dan malam) jadwal main (hari) jadwal tayangan favorit (jam) ulangtahun (tahun)

K. Belajar mengukur
Misal menuang air ke ember hingga penuh, menimbang tepung (masak)mengukur jarak antar dinding

L. Menyelesaikan masalah sederhana
Misal meminta anak menyiapkan meja saat ada tamu, saat berbelanja ke supermarket tugaskan untuk megambil snack untuk adik dan kakak (jadi anak belajar menghitung)

---------------------

♥Ide kegiatan indoor.

Materi keseharian indoor activities :
-bercakap2 misal, tadi adek main apa? Bagaimana ceritanya?
-di dapur
*Mengenal rasa asin manis pedas pahit
*mengenal jenis cairan, susu, teh, air putih, kopi
*mengenal warna
*jenis sayur
*jenis buah
*mengenal bumbu dapur
*mengenal panas-dingin-hangat
*mengenal dimensi tinggi-rendah-panjang-pendek
*mengenal bentuk (lingkaran dll)
*tuang menuang biji2an tepung dll.

-diruang keluarga
*menghitung jendela
*mencari bentuk
*memberi nama2 benda di ruang keluarga
*menyebut warna2 di r. Keluarga

★ALAT BANTU KREATIVITAS
Siapkan 2 box sederhana
Box pertama berisi materi dasar yang bisa dipakai kapan saja oleh anak dan box ke dua berisi materi yang membutuhkan bantuan orangtua

■Isi BOX pertama:
Kertas
Penghapus
Pensil warna
Krayon
Spidol
Lem
Cat
Kuas
Gunting
Kertas lipat aneka warna
Karton aneka warna
Kardus bekas
Tali/pita
Selotip

■ Isi BOX kedua :
Kertas krep
Botol bekas
Pompom
Aneka kancinh
Water bead
Piring kertas
Pembolong kertas
Stapler
Penjepit kertas
Cutter
Soda jue
Cuka
Lem tembak
Cat poster

★58 outdoor activities

1. Jalan bersama keliling kompleks
2. Naik sepeda
3. Mencari jalan baru
4. Berburu foto
5. Kolase gantung
6. Pergi ke pantai
7. Camping di halaman
8. Mencari taman di dekat rumah
9. Berkunjung ke kebun Binatang
10. Berburu Abjad
11. Melukis jalan dengan kapur
12. Berburu capung
13. Memelihara ulat hingga menjadi kupu-kupu
14. Menyiram tanaman
15. Membuat kolase dari ranting/daun/batu
16. Bermain pasir
17. Melukis batu
18. Berburu harta karun
19. Bercocok tanam
20. Memanjat pohon/monkey bar di taman
21. Membuat makanan burung
22. Mencuci mainan
23. Mencuci mobil/sepeda
24. Piknik membawa makanan dan tikar di luar
25. Menggali pasir
26. Bermain hujan
27. Bermain lumpur
28. Bermain bola
29. Membaca buku di luar rumah
30. Menumpuk batu
31. Pesta es krim
32. Bermain masak2an dengan daun
33. Mencari bentuk di awan
34. Berenang
35. Membuat peta lingkungan
36. Mengumpulkan aneka jenis batu
37. Bermain layangan
38. Bermain hopscotch
39. Bermain lompat tali
40. Meniup balon sabun
41. Pergi ke bandara dan melihat pesawat terbang
42. Bermain gobak sodor/galasin
43. Bermain petak umpet
44. Pergi ke stasiun kereta api
45. Pergi ke pasar
46. Membuat pelangi
47. Menerbangkan pesawat kertas
48. Melempar batu ke kali
49. Berkunjung ke peternakan
50. Berkunjung ke perkebunan
51. Berkunjung ke pabrik dekat rumah
52. Jejak alam
53. Membuat family journal
54. Membuat batu bercerita
55. Pergi ke pesta rakyat
56. Lompat tali
57. Balap karung
58. Balap kelereng

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Bedug

Berkali-kali flightku di batalkan karena asap menghalangi jarak pandang pesawat yang hendak take off. Baru sekali ini di antara puluhan kali...